Contoh BRD dan pengertian singkat
Contoh BRD dan pengertian singkat
Apa itu BRD, Business Requirements Documents, disingkat BRD, adalah sebuah dokumen yang menjelaskan solusi bisnis untuk suatu proyek, seperti apa yang harus dilakukan perusahaan terhadap produk baru atau produk yang diperbarui.
Manfaat
• Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek.
• Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek.
• Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder.
• Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan
Ruang Lingkup BRD
• Apa masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis?
• Apa saja batasannya?
• Apakah layak untuk menginvestasikan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk proyek tersebut?
Penanggung Jawab BRD
• Tim inti proyek.
• Setiap atau semua mitra bisnis.
• Pemilik proses atau perwakilannya.
• Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia
Elemen BRD
• Deskripsi Proyek
• Lingkup Proyek
• Kebutuhan Fungsional
• Kebutuhan Non Fungsional
• Biaya
• Tim
• Penjadwalan
Contoh BRD:
Business Requirement Document
Proyek Perpustakaan Polibest
DIBUAT OLEH: Arkaan Daffa P
PRODI BISNIS DIGITAL
POLITEKNIK BHAKTI
SEMESTA
SALATIGA
PERSETUJUAN
Dibuat Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
|
|
|
1 Sep 2022 |
Di review Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
|
|
|
|
Disetujui Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
|
|
|
|
Daftar Isi
1 Deskripsi Proyek........................................................................................................... 4
2 Lingkup Proyek.............................................................................................................. 4
3 Kebutuhan Fungsional................................................................................................ 4
3.1 Spesifikasi kebutuhan.............................................................................................. 4
3.2 Use Case Diagram................................................................................................... 5
3.3 Entity Relationship Diagram (ERD)....................................................................... 5
4 Kebutuhan Non Fungsional........................................................................................ 6
5 Biaya................................................................................................................................. 6
6 Tim..................................................................................................................................... 6
7 Penjadwalan.................................................................................................................... 7
1
Deskripsi Proyek
Proyek
Perpustakaan Polibest ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk membantu mahasiswa/i di Politeknik Bhakti Semesta dalam meminjam buku
di perpustakaan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini
akan memudahkan kampus terutama bagian kepengurusan
perpustakaan dalam mengelola peminjaman buku. Aplikasi
ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP,
HTML, CSS dan database MySQL.
2
Lingkup Proyek
Lingkup
proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain
layout terdiri dari:
a. Tampilan login & Register
b. Tampilan dashboard
dan menu Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:
a. Fitur login & Register.
b. Fitur Create Read Update Delete (CRUD) data mahasiswa.
c. Fitur penambahan buku.
d. Fitur pencarian buku.
e. Fitur peminjaman dan pengembalian.
f. Fitur manajemen data buku.
3
Kebutuhan Fungsional
3.1
Spesifikasi kebutuhan
Proyek
Perpustakaan Polibest ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada
komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin atau petugas perpustakaan dapat mengakses dan mengelola data mahasiswa secara penuh
(full access). Fitur utama yang dapat dikelola adalah
a. Manajemen user login
b.
Manajemen data mahasiswa
c.
Manajemen
data peminjam buku
3.2
Use Case Diagram
Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Data Siswa yang
penjelasannya sebagai berikut:
a. Use case ini terdiri dari 2 aktor yang berinteraksi dengan satu sistem
b. User 1/petugas perpustakaan, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem aplikasi data mahasiswa/i mulai dari login dan melakukan aksi terhadap data siswa, serta status peminjaman buku perpustakaan. Sedangkan user 2/mahasiswa, hanya dapat mengakses ketika melakukan register dan melakukan peminjaman buku.
c. Register, untuk mahasiswa jika belum memiliki akun, bisa melakukan register terlebih dahulu untuk membuat akun.
d. Jika sudah registrasi, petugas perpus akan melakukan validasi data, jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan user tersebut sebagai anggota perpus dengan memberikan no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan.
e. Login, setelah mendapatkan akun, mahasiswa harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur peminjaman buku.
f. Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda.
g. Detail buku yang dipinjam minimal berisi judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, serta tahun terbit.
3.3 Entity Relationship Diagram (ERD)
Pada ERD di atas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.
1. Entitas mahasiswa mempunyai atribut nama, NIM, prodi, jenis kelamin, alamat dan no telp.
2. Mahasiswa sebagai anggota mempunyai atribut no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan.
3. Untuk entitas petugas memiliki atribut user name, password, dan id petugas.
4. Saat meminjam harus mencantumkan tgl pinjaman, kode pinjam, tgl kembali.
5. Buku juga terdapat data berupa judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, tahun terbit.
6. Jika terjadi keterlambatan pada pengembalian buku, akan di kenai denda beserta tarifnya.
4 Kebutuhan Non Fungsional
5 Biaya
Untuk biaya terdiri
dari beberapa komponen
·
Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document : Rp. 300.000
·
Pembuatan Desain dan Layout
Web : Rp.450.000
·
Pembuatan Modul Login : Rp. 650.000
· Testing
dan Deployment Aplikasi : Rp.400.000
Rp. 1.800.000
6 Tim
Proyek ini
dikerjakan oleh tim dengan terdiri dari 6 orang, peranan sebagai berikut:
· Project
Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document
· Web Designer
yang bertugas membuat desain dan layout web
· Programmer
yang bertugas membuat aplikasi berbasis web
· Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi
· Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server
7 Jadwal
Proyek ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline
sebagai berikut(waktu dapat berubah tergantung kondisi).
Komponen |
Minggu ke 1 |
Minggu ke 2 |
Minggu ke 3 |
Minggu ke 4 |
Pembuatan
BRD |
|
|
|
|
Desain &
Layout |
|
|
|
|
Development |
|
|
|
|
Testing
& Deployment |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar