Contoh BRD dan pengertian singkat

Contoh BRD dan pengertian singkat

Apa itu BRD, Business Requirements Documents, disingkat BRD, adalah sebuah dokumen yang menjelaskan solusi bisnis untuk suatu proyek, seperti apa yang harus dilakukan perusahaan terhadap produk baru atau produk yang diperbarui.

Manfaat 

• Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek. 

• Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek. 

• Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder. 

• Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan

Ruang Lingkup BRD 

• Apa masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis? 

• Apa saja batasannya? 

• Apakah layak untuk menginvestasikan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk proyek tersebut?

Penanggung Jawab BRD 

• Tim inti proyek. 

• Setiap atau semua mitra bisnis. 

• Pemilik proses atau perwakilannya. 

• Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia 

Elemen BRD 

• Deskripsi Proyek 

• Lingkup Proyek 

• Kebutuhan Fungsional 

• Kebutuhan Non Fungsional 

• Biaya 

• Tim 

• Penjadwalan 





Contoh BRD:


Business Requirement Document

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Proyek Perpustakaan Polibest

DIBUAT OLEH: Arkaan Daffa P

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PRODI BISNIS DIGITAL

POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA

SALATIGA




PERSETUJUAN

Dibuat Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

1 Sep 2022

 

Di review Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 

Disetujui Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 



Daftar Isi


1       Deskripsi Proyek........................................................................................................... 4

2       Lingkup Proyek.............................................................................................................. 4

3       Kebutuhan Fungsional................................................................................................ 4

3.1       Spesifikasi kebutuhan.............................................................................................. 4

3.2       Use Case Diagram................................................................................................... 5

3.3       Entity Relationship Diagram (ERD)....................................................................... 5

4       Kebutuhan Non Fungsional........................................................................................ 6

5       Biaya................................................................................................................................. 6

6       Tim..................................................................................................................................... 6

7       Penjadwalan.................................................................................................................... 7



1         Deskripsi Proyek

 

Proyek Perpustakaan Polibest ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk membantu mahasiswa/i di Politeknik Bhakti Semesta dalam meminjam buku di perpustakaan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan kampus terutama bagian kepengurusan perpustakaan dalam mengelola peminjaman buku. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.

 

 

 

2         Lingkup Proyek

Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari:

                    a.    Tampilan login & Register

b.    Tampilan dashboard dan menu Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:

a. Fitur login & Register.

b. Fitur Create Read Update Delete (CRUD) data mahasiswa.

c. Fitur penambahan buku.

d. Fitur pencarian buku.

e. Fitur peminjaman dan pengembalian.

f. Fitur manajemen data buku.



 

 

3         Kebutuhan Fungsional

3.1        Spesifikasi kebutuhan

 

Proyek Perpustakaan Polibest ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin atau petugas perpustakaan dapat mengakses dan mengelola data mahasiswa secara penuh (full access). Fitur utama yang dapat dikelola adalah

            a.    Manajemen user login

            b.    Manajemen data mahasiswa

            c.     Manajemen data peminjam buku


3.2        Use Case Diagram





Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Data Siswa yang penjelasannya sebagai berikut:

a.    Use case ini terdiri dari 2 aktor yang berinteraksi dengan satu sistem

b.  User 1/petugas perpustakaan, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem aplikasi data mahasiswa/i mulai dari login dan melakukan aksi terhadap data siswa, serta status peminjaman buku perpustakaan. Sedangkan user 2/mahasiswa, hanya dapat mengakses ketika melakukan register dan melakukan peminjaman buku.

c. Register, untuk mahasiswa jika belum memiliki akun, bisa melakukan register terlebih dahulu untuk membuat akun.

d. Jika sudah registrasi, petugas perpus akan melakukan validasi data, jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan user tersebut sebagai anggota perpus dengan memberikan no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan.

e. Login, setelah mendapatkan akun, mahasiswa harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur peminjaman buku.

f. Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda.

g. Detail buku yang dipinjam minimal berisi judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, serta tahun terbit.

3.3 Entity Relationship Diagram (ERD)


Pada ERD di atas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.
1. Entitas mahasiswa mempunyai atribut nama, NIM, prodi, jenis kelamin, alamat dan no telp.
2. Mahasiswa sebagai anggota mempunyai atribut no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan.
3. Untuk entitas petugas memiliki atribut user name, password, dan id petugas.
4. Saat meminjam harus mencantumkan tgl pinjaman, kode pinjam, tgl kembali.
5. Buku juga terdapat data berupa judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, tahun terbit.
6. Jika terjadi keterlambatan pada pengembalian buku, akan di kenai denda beserta tarifnya.


4 Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:
a. Bisa digunakan pada berbagai macam browser
b. Tampilan user friendly dan responsif
c. Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password
d. Mudah digunakan

5 Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

·         Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document    : Rp. 300.000

·         Pembuatan Desain dan Layout Web                                       : Rp.450.000

·         Pembuatan Modul Login                                                        : Rp. 650.000

      ·         Testing dan Deployment Aplikasi                                           : Rp.400.000

                                                                                                             Rp. 1.800.000

6 Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan terdiri dari 6 orang, peranan sebagai berikut:

·        Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document

·        Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web

·        Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web

·        Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi

·        Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server


7 Jadwal

Proyek ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut(waktu dapat berubah tergantung kondisi).

Komponen

Minggu ke 1

Minggu ke 2

Minggu ke 3

Minggu ke 4

Pembuatan BRD

 

 

 

 

Desain & Layout

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSINT

LOCAL/REMOTE FILE INCLUSION

OSINT UTS